Home » AKREDITASI LAMDIK

AKREDITASI LAMDIK


UPPS

No.Nomor ButirDokumen/Keterangan
1Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi
21.2~ Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi
~ SK pembentukan tim akreditasi
~ Dokumen mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
~ Instrumen dan hasil survey pemahaman VMTS
~ SK penetapan VMTS
32.1~ Dokumen SOP yang terkait tata pamong
~ Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPS
~ Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.
~ Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab.
~ Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
42.2~ Dokumen SOP yang terkait tata pamong
~ Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPS
~ Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.
~ Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab.
~ Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
52.3~ Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat
Fakultas/Sekolah Tinggi.
~ Dokumen hasil audit mutu internal
~ Dokumen monev hasil penjaminan mutu
~ Dokumen bukti tindak lanjut temuan
63.1~ Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:
1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru
2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru
3. Instrumen penerimaam mahasiswa baru
4. Sistem pengambilan keputusan
~ Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.
~ Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
~ Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.
73.2~ Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.
~ Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain:
1. Minat dan bakat
2. Bimbingan konseling
3. Pembinaan softskill
4. Keprofesiane.
5. Beasiswa
6. Kesehatan

~ Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
~ Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan
bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
~ Dokumen kegiatan pelacakan lulusan (tracer study)
84.1 dan 4.2~ Dokumen sistem pengelolaan sumber daya manusia
~ Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan,
pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
94.3~ Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga
kependidikan terhadap manajemen SDM.
~ Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.
105.1~ Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana.
~ Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan
~ Laporan audit keuangan
115.2~ Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana
~ Daftar prasarana dan sarana pembelajaran
~ Dokumen pemilikan tanah

Program Studi

No.Nomor ButirKeterangan
12~ SK ijin operasional PS
~ SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya
131.1~ Dokumen renstra dan renop PS
~ SK tim akreditasi/taskforce
~ Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir,
notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa,
tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
~ Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan
UPPS dan PT.
~ Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS.
~ Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS.
~ SK penetapan visi keilmuan PS
142.1~ Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS
~ Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.
~ Dokumen sistem tata pamong
~ Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab (job description)
~ Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
~ Dokumen renstra dan renop PS
~ Dokumen SOP
152.3~ Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu.
~ Dokumen thasil audit mutu internal
~ Dokumen monev hasil penjaminan mutu
~ Dokumen bukti tindak lanjut temuan
~ Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan
penjaminan mutu.
163.1~ Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:
1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru
2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru
3. Instrumen penerimaam mahasiswa baru
4. Sistem pengambilan keputusan

~ Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.
~ Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
~ Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru.
173.2~ Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.
~ Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain:
1. Minat dan bakat
2. Bimbingan konseling
3. Pembinaan softskill
4. Keprofesian
5. Beasiswa
6. Kesehatan

~ Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
~ Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan
bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa.
184.1 dan 4.2~ Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan,
pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.
~ Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan.
 Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan
jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan.
 Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir
(TS).
~ Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS.
~ Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir.
~ Data prestasi/rekognisi DTPS baik ditingkat intenasional, nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir.
~ Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS
~ Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir.
~ Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga
kependidikan.
~ Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
195.1~ Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.
~ Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir.
~ Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir
~ Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir.
~ Dokumen pengelolaan dana
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum.
205.2~ Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT.
~ Dokumen kondisi dan kualias prasarana dan sarana
~ Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana
~ Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain.
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana.
216.1~ Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
~ Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum
~ Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS.
~ Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
~ RPS mata kuliah
~ Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS.
~ Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan
kurikulum PS
~ Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM
~ Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS.
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS.
226.2~ Dokumen pelaksanaan tridarma
~ Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan
~ Dokumen sistem pengembangan suasana akademik
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran.
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM.
236.2.2~ Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran.
~ Dokumen bukti integrasi
246.2.3~ Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)
~ Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan
~ Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran
256.3~ Dokumen panduan penilaian pembelajaran
~ Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum.
~ Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian
pembelajaran.
266.4~ Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya.
~ Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro.
~ Instrumen penilaian pembelajaran mikro
~ Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro
~ Data rekaman pembelajaran mikro
276.5.2.1~ Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.
~ Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.
286.5.2.3~ Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi
pertemuan.
296.5.2.5~ Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi
~ Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi.
~ Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS.
~ Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.
306.6.2.1~ Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang
dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.
~ Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan
316.6.2.2~ Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang
dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.
~ Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan.
326.7~ Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja
mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana.
~ Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa
~ Hasil survei kepuasan mahasiswa
~ Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa
337.1~ Dokumen pedoman penelitian
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian
347.2.1~ Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED.
357.2.2~ Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.
~ Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian.
368.1~ Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat
~ Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat.
378.2.1~ Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED.
388.2.2~ Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
~ Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM.
399.1.2.1~ Data lulusan dalam 3 tahun terakhir
~ IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata)
409.1.2.2~ Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
~ Dokumen bukti prestasi mahasiswa
419.1.2.3~ Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED.
~ Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi
~ Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.
429.1.2.4~ Dokumen tertulis pelacakan lulusan
~ Instrumen pelacakan lulusan
~ Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED.
~ Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya.
~ Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan.
439.1.2.5~ Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED.
449.1.2.6~ Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
~ Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
~ Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna.
~ Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
479.2.2.1~ Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED.
489.2.2.2~ Dokumen sitasi publikasi ilmiah
499.2.2.3~ Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat.
~ Dokumen bukti adopsi
509.2.2.4~ Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten.
~ Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)
51Dokumentasi
Video/Live
~ Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya.