Home » Kalkulus

Kalkulus


1.1 Memaksimumkan dan Meminimumkan            

Seorang petani akan melakukan berbagai hal agar hasil panennya melimpah dengan berusaha untuk meminimumkan pengeluarannya, seperti yang terlihat dalam Gambar 1. Begitu juga dengan seorang dokter, ia berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk setiap pasiennya. Dokter akan memaksimumkan usahanya untuk kesembuhan pasiennya. Bahkan dokter akan berusaha untuk memberikan dosis terendah bila hal tersebut dapat memberikan kesembuhan bagi pasiennya.

Setiap manusia pasti akan melakukan segala usaha untuk mencapai setiap harapannya. Hasil yang diperoleh akan sebanding dengan setiap usaha yang telah dilakukannya. Sehingga, semua akan tergantung dengan usahanya. Bahkan janji Allah akan hal tersebut dijelaskan dalam ayat berikut.  

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٞ مِّنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهِۦ يَحۡفَظُونَهُۥ

مِنۡ أَمۡرِ ٱللَّهِۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوۡمٖ سُوٓءٗا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ ١١

Artinya : “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. Ar-Ra’ad : 11)

Constructive

SMAN 1 Simpang Pematang merupakan salah satu SMA yang terdapat di Kabupaten Mesuji. Suatu ketika Sekolahan ini mendapatkan anggaran untuk membangun sebuah pagar yang mengelilinginya. Pada bagian pojok Sekolah tersebut, terdapat tembok siku-siku. Tembok tersebut memiliki panjang 20 meter dari panjang tembok seluruhnya dan memiliki tinggi 10 meter. Pada bagian tersebut tidak perlu dipagari. Anggaran yang diterima oleh sekolahan tersebut kelilingnya hanya mencapai 40 meter untuk pembangunan pagar.

Questioning

Berapakah ……………….. dan ……………….. halaman Sokalahan yang mampu dipagari?

Selebihnya dapat dilihat pada modul ini.