Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) UIN Raden Intan Lampung Mengikuti Pemaparan Hasil Evaluasi dari Pemantauan Pembelajaran Untuk disampaikan kepada pihak-pihak Berkepentingan yang dilakukan oleh GPMF dan LPM.
(15/01/2024)

Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung telah berpartisipasi dalam pemaparan hasil evaluasi dari pemantauan pembelajaran yang diselenggarakan oleh Gugus Penjamin Mutu Fakultas (GPMF) dan Lembaga Penjamin Mutu (LPM). Kegiatan ini berlangsung di ruang pertemuan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan dihadiri oleh dosen, pengelola program studi, serta perwakilan dari berbagai pihak berkepentingan.
Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan selama semester ini, serta memberikan rekomendasi dan masukan yang konstruktif bagi pengembangan kualitas pendidikan di Program Studi Pendidikan Matematika. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin komunikasi yang baik antara pihak fakultas dan pemangku kepentingan lainnya.
Pemaparan diawali oleh Ketua GPMF, yang menyampaikan proses dan metodologi yang digunakan dalam pemantauan pembelajaran. Ia menjelaskan bahwa evaluasi dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif, mencakup survei kepada mahasiswa, wawancara dengan dosen, serta analisis dokumen kurikulum dan materi ajar.
Dalam hasil evaluasi, beberapa poin penting diungkapkan:
Kualitas Pengajaran: Secara umum, pengajaran di PSPM mendapatkan penilaian positif dari mahasiswa. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti interaksi antara dosen dan mahasiswa serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Kurikulum: Evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan sudah sesuai dengan kebutuhan, tetapi perlu penyesuaian agar lebih responsif terhadap perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan matematika.
Fasilitas dan Sumber Daya: Pihak GPMF dan LPM juga menyoroti pentingnya peningkatan fasilitas belajar, seperti laboratorium matematika dan akses terhadap sumber belajar digital.
Setelah pemaparan, sesi diskusi dibuka untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan. Beberapa dosen mengusulkan agar pelatihan lebih lanjut bagi pengajar dilakukan untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dalam sesi ini, perwakilan mahasiswa juga menyampaikan pandangannya mengenai perlunya peningkatan interaksi dan keterlibatan dosen dalam diskusi kelas, sehingga suasana belajar menjadi lebih interaktif dan menarik.
Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. Hj. Nirva Diana, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya evaluasi sebagai alat untuk perbaikan berkelanjutan. Ia berharap bahwa hasil evaluasi ini dapat dijadikan pedoman untuk melakukan perbaikan yang diperlukan demi meningkatkan kualitas pendidikan di PSPM.“Kerja sama yang baik antara GPMF, LPM, dan seluruh civitas akademika sangat diperlukan untuk mencapai standar mutu yang diharapkan. Kita harus bersama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” tegasnya.
Kegiatan pemaparan hasil evaluasi ini diakhiri dengan penandatanganan dokumen rekomendasi perbaikan oleh semua pihak yang hadir. Diharapkan, melalui evaluasi yang sistematis dan kolaboratif ini, Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung dapat terus berbenah dan meningkatkan mutu pendidikan yang ditawarkan, serta memenuhi harapan mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi dan misi UIN Raden Intan Lampung sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan berintegritas.